Sabtu, 14 Mei 2011

BELUM MAKSIMAL


TEATER GENERASI DAN RUMAH KATAPENTASKAN NASKAH SATIR IDRIS SIREGAR
RAJA DAN RATU AIR BELUM MAKSIMAL
Agaknya penonton yang hadir malam tanggal 13 Mai 2011 kurang tertarik dengan suguhan Teater Generasi dalam membawakan naskah Idris Siregar yang berjudul “ Raja Dan Ratu Air” yang menceritakan pertentangan dua kubu ya ng akan menaikkan harga air. Awal adegan memang membuat sebagian penonton ‘gerr’ begitu menyaksikan adegan yang sedikit karikatural.
Ternyata kemampuan yang ada tidak mampu bertahan. Lakon yang dimainkan oleh anak-anak generasi , tepatnya saat Suyadi masuk, beberapa penonton meninggalkan kursinya. Jalannya adegan terasa sangat lamban. Keluar masuknya pemain dan pencahayaan yang kurang mendukung, ditambah ilustrasi musik yang belum mengenai sasaran, karya Idris Siregar itu sepertinya kurang mendapat porsi latihan yang maksimal.
Sebagai sutradara, Suyadi San belum menemukan bentuk yang ‘pas’ dalam mengangkat naskah Idris Siregar. Adegan yang ditempatkan di depan penonton barisan depan, sangat merugikan penonton yang duduk di tengah dan belakang. Penonton tak dapat melihat adegan yang terjadi di depan terkecuali melihat kepala dan bayangan badan penonton yang ada di barisan depan. Tidak nyaman. Sayang awal pertunjukan yang telah terbina mencair begitu saja dikarenakan sutradara harus mengarahkan dirinya sendiri pada waktu latihan.
Mudah-mudahan pada pertunjukan berikutnya, Teater Generasi dapat tampil maksimal.